#

Rektor UNISMA Berikan Resep untuk Tingkatkan Student Body saat Membuka Raker Program Pascasarjana

  • Selasa, 03 Desember 2019 - 18:05 WIB

Rektor UNISMA juga memberikan salah satu resep utuk meningkatkan student body saat Pembukaan Rapat Kerja (Raker) Program Pascasarjana Uiversitas Islam Malang. Prosesi pembukaan Raker yang dilaksanakan di Ubud Hotel tersebut dibuka pada selasa, 3 Desember 2019 pukul 15.30 hingga 17.30. Raker Pascasarjana Unisma tahun 2019 ini untuk menyusun program keja 2020 sekaligus sebagai kelanjutan Rakerpim Unisma pada 27—29 September 2019 di Hotel Royal Orchid Garden Batu.

Mengawali pengarahan dan pembukaan oleh Rektor, Direktur Pascasarjana, Prof. H. M. Mas’ud Said, MM., Ph.D. menyampaikan laporan perkembangan. Laporan pengembangan yang disampaikan Direktur Pascasarjana diantaranya mengenai inovasi di Pascasarjana tentang Media IT center, pengutan web, Pusat Studi Pengembangan Islam Multikultural dan Pusat Studi Jawa Timur, Analisa beban kerja, Penguatan alumni dan penguatan jaringan, serta medorong dosen untuk tampil di media sebagai branding.

Dalam laporannya, Direktur Pascasarjana UNISMA mengetengahkan, “Good planning juga diikuti dengan good implementation. Tujuan Raker ini untuk meng-update apa-apa yang dikembangakan oleh Pusat (UNISMA). Kami tahu bahwa Bapak rektor memiliki ide yang speednya tinggi dan cepat, mampu mengelola dan menginspirasi. Rektor juga memberikan contoh melaksanakan apa yang menjadi impiannya. Kami melaksanakan mulai yang kecil-kecil tetapi dilaksnakan secara berkesinambungan dengan  peningkatan yang signifikan.”

Pengarahan rektor menjadi awal yang sangat menginspirasi dalam pelaksanaan Raker Pascasarjana UNISMA. Dalam sambutannya, rektor UNISMA mengetengahkan, “Sejak hadirnya Prof. H. M. Mas’ud Said, MM., Ph.D. di Pascasarjana UNISMA ada sebuah nuansa baru. Ini yang saya sebut  Pascasarjana Baru untuk melakukan perubahan dan percepatan perubahan di berbagai segi di lingkungan Pascasarjana. Pengembangan ini tentu pengembangan secara keseluruhan, baik akademik maupun administrasi. Perubahan dan perkembangan di Pascasarjana ini bisa terjadi seperti ini, tentu tidak lepas dari peran yang dimainkan oleh direktur Pascasarjana, juga keikutsertaan dan kebersamaan para wakil direktur, KPS, dan para staf di lingkungan Pascasarjana.”

Agar student body makin meningkat, Prof. Maskuri, M.Si menegaskan, “Ketua Program Studi harus mengambil langkah simpatik untuk menggaet para mahasiswa S1. Ancang-ancangnya harus mulai sekarang, bukan mendekati lulus. Harus dibangun komunikasi intensif dengan dekan dan para wakil dekan. Mereka harus didekati dengan informasi-informasi perkembangan UNISMA. Sampaikan pada mereka bahwa tidak cukup S1 untuk memenangkan masa depan. Mahasiswa S1 harus memiliki impian untuk meraih sukses di masa depan dengan melanjutkan ke Program Pascasarjana UNISMA.”

Pelaksanaan Raker Pascasarjana 2019 ini termasuk sangat luar biasa, karena sejatinya hari ini Rektor UNISMA ada undangan lain, namun karena adanya perhatian yang luar biasa pada Pascasarjana, ia memilih untuk hadir pada Raker Pascasarjana UNISMA. Kehadiran Rektor UNISMA ke Raker Pascasarjana sangat inspiratif, dan menjadi bahan pemikiran dalam pengambilan keputusan tentang Program Kerja Pascasarjana UNISMA ke depan.

Rektor juga menegaskan bahwa matakuliah-matakuliah tertentu bisa diintegrsikan menjadi satu matakuliah. Bukan transfer of knowledge, tetapi perkuliahan berbasis riset. Rektor akan mewajibkan masing-masing prodi memiliki mitra, seperti industri, lembaga, pemerintah, balai latihan kerja yang sesuai dengan keahliannya. Harus dipadukan antara teori dan praktek. Hal tersebut akan memunculkan kolaborasi yang bagus. Para alumni harus menjadi alumni yang memiliki kemampuan yang mempu menjawab lapangan kerja, bukan semata-mata menjadi pegawai negeri, melainkan harus ada peluang dan kesempatan untuk menjadi pengusah-pengusaha sukses. (RA/AL/PPS)

Diolah dari www.infodiknas.com